Jumat, 23 Februari 2018

Mau Selamanya Tinggal di Kontrakan? Tips Menabung Untuk Membeli Rumah Sendiri

Apakah saat ini Anda sedang tinggal di sebuah kontrakan? Jika ya, sampai kapan Anda berencana untuk tinggal di kontrakan? Tentu tidak selamanya seseorang ingin tinggal di sebuah kontrakan. Salah satu impian yang dimiliki banyak orang biasnya adalah memiliki rumah.

Mau Selamanya Tinggal di Kontrakan? Tips Menabung Untuk Membeli Rumah Sendiri

Rumah merupakan kebutuhan pokok yang perlu dipenuhi oleh setiap orang. Memiliki rumah idaman bukan sesuatu hal yang mustahil bagi setiap orang. Salah satu caranya adalah dengan menabung. Lalu menabung seperti apa yang bisa membuat Anda lekas membeli rumah?

Jangan tunda untuk memiliki rumah sendiri, lakukan sekarang juga

Apakah Anda termasuk oran yang suka menunda sesuatu hal? Sebaiknya jangan biasakan hal tersebut jika ingin membeli rumah. Bulatan tekad Anda dan bersiaplah untuk menabung untuk membeli rumah. Mengapa? Karena harga rumah cenderung naik setiap tahunnya. So, tunggu apa lagi? Do it now!

Buat timeline dan perencanaan yang detail, siapkan plan B dan seterusnya

Buatlah perencanaan keuangan Anda dan timeline yang jelas tentang upaya Anda untuk membeli rumah. Tetapkan juga hunian seperti yang Anda inginkan dan lakukan survei harga untuk memastikannya. Jangan lupa buat rencana B sebagai cadangan.

Mulai menabung dengan nominal yang tetap setiap bulannya

Tetapkan target yang telah Anda buat sesuai dengan harga rumah tersebut dan menabung secara rutin dengan nominal yang tetap setiap bulannya. Anda juga bisa menaikkan jumlah uang yang harus ditabung per bulannya pada tahun-tahun berikutnya.

Anda juga dapat mengikuti program Kredit Pemilikan Pemerintah melalui lembaga keuangan

Jika Anda tidak ingin terlalu repot atau masih bingung dalam membuat perencanaan untuk membeli rumah, Anda bisa mengikuti program Kredit Pemilikan Rumah yang disediakan pemerintah melalui bank-bank tertentu. Pilihlah bank yang sesuai dan lakukan survey untuk mendapatkan lembaga keuangan yang pas sebagai tempat untuk mencicil rumah.

Buat investasi lain untuk mendapatkan pendapatan tambahan

Anda dapat berinvestasi kecil-kecilan melalui saham, reksa dana, atau membeli emas. Tidak perlu bermodalkan uang yang banyak, investasi tersebut juga bisa dimulai dari uang yang tidak terlalu banyak. Membeli emas bisa menjadi alternatif yang efektif mengingat emas harganya cenderung naik dan bisa dijual pada waktu-waktu tertentu. Hasil investasi pun dapat menambah pemasukan untuk menabung atau mencicil rumah.

Gunakan alarm sebagai pengingat untuk menabung secara rutin

Jika tidak ingin lupa setor tabungan, maka Anda dapat membuat alarm khusus pada smartphone Anda untuk menabung pada setiap bulan. Anda juga bisa membuat note dan letakkan pada tempat-tempat yang mudah terlihat agar bisa mengingatkan Anda untuk menabung secara rutin dan tepat waktu.

Perbaiki pengeluaran bulanan Anda dan berhemat secara wajar

Anda harus membuat ulang pengeluaran belanja dan keperluan rumah tangga lainnya. Gunakan pendapatan Anda untuk memenuhi kebutuhan pokok bulanan dan fokus menabung. Anda juga harus berhemat secara wajar dan jangan mudah tergiur promo, serta belilah kebutuhan yang benar-benar diperlukan saja.

Buat usaha sampingan untuk menambah penghasilan Anda

Jika Anda memiliki waktu luang di luar hari kerja misalnya weekend, jangan sia-siakan waktu tersebut. Anda dapat membuat usaha sampingan seperti berjualan kue-kue kering, usaha catering, online shopping, ataupun freelance writer. Jika dilakukan rutin, hasil dari usaha sampingan tersebut, bisa menambah penghasilan Anda untuk ditabung kembali.

Konsisten dan disiplin dalam menabung

Salah satu hal tersulit yang biasanya menjadi penghambat adalah berkomitmen. Anda perlu mematuhi semua rencana dan aturan yang telah Anda buat sendiri sebelumnya. Anda harus konsisten dan disiplin dalam menabung, jangan mudah tergiur oleh sale atau diskon yang bertebaran di luar sana. Ingat bahwa menabung membeli rumah membutuhkan proses, lama atau cepatnya proses tersebut bergantung pada diri Anda sendiri.

Jika Anda bisa melaksanakan tips tersebut, memiliki rumah bukanlah hal yang tidak bisa diwujudkan. Jangan lupa untuk selalu membuat perencanaan keuangan dan lakukan evaluasi pada setiap bulan untuk mengetahui progress Anda dalam menabung. Semua butuh proses termasuk membeli sebuah rumah. Mulai sekarang juga dan lalui proses tersebut!