Selasa, 10 April 2018

Tips dan Solusi Bijak Jika Punya Masalah dengan Tetangga Kontrakan

Manusia pada dasarnya merupakan makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri dan membutuhkan orang lain dalam kehidupan sehari-harinya. Tanpa orang lain, seseorang tidak dapat melakukan interaksi dan komunikasi.

Tips dan Solusi Bijak Jika Punya Masalah dengan Tetangga Kontrakan

Setiap hari kita bertemu dengan banyak orang, mulai dari keluarga, teman sekantor, teman nogkrong hingga tetangga rumah. Hidup bertetangga pastinya merupakan hal menyenangkan bagi sebagian orang. Namun tidak jarang pula hidup bertetangga merupakan suatu hal yang sangat menyebalkan karena memiliki tetangga yang dianggap mengganggu.

Seringkali berurusan dengan tetangga merupakan hal yang sangat menguras emosi dan membuat pusing tujuh keliling. Memiliki tetangga yang baik, ramah, sopan dan tidak berisik, pastinya membuat kita betah berlama-lama berada di rumah.

Namun bagaimana jika memiliki tetangga yang berisik dan sangat menganggu? Nah, bagi Anda yang memiliki masalah dengan tetangga kontrakan, berikut adalah beberapa informasi mengenai tips dan solusi bijak menghadapi masalah dengan tetangga kontrakan.

Tips dan Solusi Bijak Menghadapi Masalah dengan Tetangga Kontrakan

1. Bicara Baik-baik dengan Tetangga

Seringkali orang lain tidak mengetahui dan mengira bahwa dirinya sebenarnya menyebalkan. Terlebih tetangga, terkadang tetangga juga tidak mengira bahwa dirinya telah mengganggu ketenangan orang lain.

Untuk itu, sebaiknya Anda bicarakan baik-baik dengan tetangga Anda apabila Anda merasa tergganggu dengan tetangga rumah Anda. Sampaikan dengan baik-baik apa yang membuat Anda merasa tergganggu.

Diskusikan dengan tetangga mengani tanggapan dan carilah solusi secara bersama-sama untuk memecahkan masalah. Dengan begitu, Anda sudah menunjukkan itikad baik untuk berdamai dengan tetangga Anda.

2. Mengenal Satu Sama Lain

Istilah “tak kenal maka tak sayang” memang benar adanya. Kata mutiara tersebut juga berlaku dalam kehidupan bertetangga. Salah satu cara untuk mengatasi tetangga yang menyebalkan adalah dengan mengenal dan mencoba untuk akrab dengan tetangga.

Mulailah dari hal yang sederhana, saling menyapa, saling berbagi makanan atau bisa saja saling meminjamkan barang atau perabotan rumah bisa menjadi pintu pembuka membangun relasi yang baik dengan tetanggga rumah Anda. Cara ini dapat membantu untuk meluluhkan tetangga yang berisik dan menyebalkan.

3. Undang Tetangga saat Ada Acara atau Syukuran

Cara membangun relasi yang baik dengan tetangga adalah dengan cara mengundang tetangga jika Anda menggelar acara atau syukuran di rumah. Undang tetangga untuk ikut hadiri dalam acara Anda. Jika Anda mengadakan acara besar, jangan sampai tetangga merasa terganggu dengan suara berisik dari acara yang Anda gelar, terlebih jika Anda menggunakan sebagian halaman tetangga untuk melangsungkan acara.

4. Meminta Saran dari Orang Lain

Menyelesaikan masalah pastinya juga membutuhkan saran dan masukan dari orang lain. Jika Anda memiliki masalah dengan tetangga kontrakan Anda, mintalah saran dari teman atau kerabat yang memiliki masalah yang sama dengan Anda.

Anda bisa menanyakan bagaimana ia menghadapi tetangga yang mengganggu. Selain itu, diskusikan dengan anggota keluarga yang lain untuk mencari solusi dalam menghadapi masalah dengan tetangga.

5. Tanyakan pada Tetangga Lainnya

Jika Anda merasa terganggu dengan tetangga sebelah Anda, tidak ada salahnya Anda juga menanyakan hal yang sama pada tetangga yang lainnya. Apakah tetangga yang lain juga merasa terganggu dengan kelakukannya.

Jika jawabannya adalah iya, maka diskusikanlah dengan tetangga Anda yang lain bagaimana mengatasi masalah tersebut. Anda juga bisa minta tolong kepada tetangga lain yang lebih dekat dengan si tetangga yang mengganggu sebagai perantara untuk menasehati atau memberitahu bahwa apa yang ia lakukan adalah hal yang mengganggu orang lain.

6. Jadilah Pendengar yang Baik

Sebelum Anda datang dan marah-marah dengan tetangga Anda, ada baiknya Anda mendengarkan penjelasan dari tetangga Anda. Tidak jarang banyak masalah yang muncul akibat dari salah paham dan kurangnya keinginan untuk mendengarkan orang lain.

Untuk itu, ada baiknya Anda tidak terlalu terburu-buru untuk merasa jengkel dan marah dengan tetangga Anda. Berilah ia kesempatan untuk memberikan penjelasan. Setelah diketahui alasannya, Anda bisa memberikan umpan balik untuk dapat menemukan solusinya secara bersama-sama.

Itulah beberapa tips dan solusi bijak untuk mengatasi masalah dengan tetangga kontrakan.