Senin, 23 April 2018

Bijak dalam Pindahan: Bawa Barang Seperlunya Saja, Ini Alasannya

Pindahan rumah merupakan hal yang bisa dikatakan menyenangkan. Melihat calon rumah yang akan dihuni rasanya menyenangkan, apalagi jika ditambah dengan rumah yang akan dihuni merupakan rumah yang nyaman dan lebih baik dari rumah yang sebelumnya.

Bijak dalam Pindahan: Bawa Barang Seperlunya Saja, Ini Alasannya

Pastinya Anda juga sudah membayangkan dekorasi rumah serta tata letak berbagai furniture yang akan menghiasi rumah Anda, tak lupa juga warna cat yang cocok untuk rumah baru Anda. Namun selain hal menyenangkan tersebut, tidak jarang orang akan merasakan hal yang menyebalkan saat pindahan rumah, salah satunya adalah harus membawa serta berbagai peralatan dan barang-barang yang ada di rumah sebelumnya.

Ditambah dengan hari-hari menjelang pindah rumha, akan ada banyak barang yang berserakan dan rumah menjadi berantakan. Bahkan barang yang banyak membuat Anda bingung dan harus memilih barang mana yang akan dibawa ke rumah baru. Tidak jarang orang akan mengalami stress menjelang pindahan rumah. Nah, bagi Anda yang akan melakukan pindahan rumah, berikut adalah beberapa informasi mengenai pindahan rumah anti stress.

Tips Pindahan Rumah Anti Stress

1. Pilihlah Barang yang Akan Dibawa Saat Pindahan

Sebelum packing barang, sebaiknya Anda mencatat dan memilih barang yang sekiranya penting yang akan Anda bawa. Catat dan buatlah angka atau kode yang sesuai dengan isi kardus Anda agar memudahkan untuk menata barang di rumah baru Anda. Selain itu, catatan isi barang bisa Anda tempelkan di sisi kardus.

2. Membungkus dan Mengemas Barang yang Akan Dibawa

Kemas dengan rapi barang yang akan ada bawa pindahan. Masukkan barang-barang Anda ke dalam kardus agar lebih rapi dan memudahkan Anda untuk membawanya pindahan. Untuk barang-barang elektronik, sebaiknya Anda masukkan ke dalam kardus yang sebelumnya telah dilindungi dengan stereofoam.

Barang-barang elektronik merupakan barang yang rentan mengalami kerusakan, untuk itu barang elektronik membutuhkan perlindungan yang ekstra. Saat membawa barang dengan mobil pick up, letakkan barang-barang yang berat di bagian bawah dan letakkan barang-barang yang ringan di atasnya. Barang elektronik yang rentan rusak, sebaiknya dibawa terpisah dengan barang lainnya.

3. Sumbangkan atau Jual Barang yang Tidak Diperlukan

Beberapa bulan sebelum pindahan, pastinya Anda sudah menyiapkan berbagai barang yang akan dibawa. Tidak jarang, sebagian orang memiliki kebiasaan untuk membawa semua barang dan furniture lama ke rumah yang baru.

Tidak sedikit barang-barang yang dibawa malah tidak muat di rumah yang baru. Hal ini justru membuat ruangan di rumah Anda menjadi sempit dan penuh. Tips untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya beberapa bulan sebelum pindahan rumah, Anda menyeleksi barang yang akan Anda bawa pindahan.

Barang-barang yang sudah tidak terpakai bisa Anda sumbangkan atau Anda jual untuk menghemat tempat di rumah baru Anda. Tanyakan pada anggota keluarga Anda barang yang sudah tidak digunakan. Uang hasil penjualan barang lama bisa Anda gunakan untuk membeli peralatan baru untuk rumah baru Anda. Pindahan rumah akan terasa lebih gampang jika Anda sudah membuat daftar barang-barang yang akan Anda bawa.

4. Bersihkan Rumah Baru Sebelum Ditempati

Sebelum Anda menaruh barang-barang ke rumah baru, sebaiknya bersihkan rumah sebelum Anda membawa barang. Kebanyakan orang seringkali melakukan kesalahan dengan membersihkan rumah setelah membawa barang dan saat akan menata barang di rumah baru. Bersihkan rumah jauh-jauh hari sebelum Anda pindahan. Rumah yang sudha bersih akan mempermudah Anda untuk menata rumah.

5. Memindahkan Barang-barang Pecah Belah

Selain peralatan elektronik, barang pecah belah merupakan barang-barang yang membutuhkan kehati-hatian ekstra. Sebaiknya Anda menggunakan bubble wrap sebelum memasukkan barang-barang pecah belah ke dalam kardus. Jika tidak ada bubble wrap, Anda bisa menggunakan kain untuk menutupi peralatan pecah belah Anda.

Sebelum pindahan rumah, persiapkan barang-barang yang akan Anda bawa dan tata dengan rapi barang-barang Anda untuk menghindari kerusakan saat mengangkut barang. Persiapkan segala keperluan pindahan Anda, mulai dari kardus untuk menata barang hingga mobil pick up untuk mengangkut barang ke rumah yang baru. Tips di atas dapat membantu Anda untuk mempermudah pindahan rumah Anda.