Senin, 30 April 2018

3 Poin Paling Penting yang Harus Diketahui Sebelum Pindah ke Bandung

Pindah ke kawasan tempat tinggal baru tentu membutuhkan banyak persiapan yang matang. Bukan hanya sebatas persiapan dokumen, namun juga lokasi tempat tinggal yang harus diperhatikan baik-baik hingga lingkungan di sekitar tempat tinggal, terutama dari segi sosial. Termasuk di antaranya adalah saat akan pindah ke rumah kontrakan di Bandung.

3 Poin Paling Penting yang Harus Diketahui Sebelum Pindah ke Bandung

Beberapa hal penting harus jadi bahan pertimbangan. Jangan terburu-buru memutuskan untuk pindah hanya karena kita sudah terlanjur jatuh cinta pada rumah yang hendak ditempati. Ini karena pindah tempat tinggal bukan hanya urusan rumah, namun juga lingkungan sekitar yang akan turut jadi tempat tinggal kita nantinya. Berikut adalah 3 poin penting yang wajib diketahui sebelum kita memutuskan jadi warga Bandung.

1. Sinyal Telepon, Kualitas Air dan Pasokan Listrik

Pindah ke manapun juga termasuk Bandung, tiga komponen ini harus benar-benar diperhatikan. Di era modern seperti sekarang ini, sinyal telepon ialah hal penting dan harus dipastikan sinyal yang dapat dijangkau tempat tinggal nantinya adalah sinyal yang kuat serta baik.

Sebaiknya pilih daerah yang mendapat sinyal bagus, baik sinyal telepon maupun internet. Kadang, lokasi rumah di pusat kota bukanlah jaminan bahwa daerah itu akan mendapat sinyal bagus. Sinyal bagus ini akan menjamin komunikasi berjalan lancar baik untuk kebutuhan sehari-hari, pekerjaan maupun pendidikan.

Kualitas air juga termasuk dalam hal yang harus jadi pusat perhatian karena air ialah salah satu kebutuhan penting. Kehidupan sehari-hari tentu takkan terlepas dari air, seperti air untuk minum, makan, mencuci hingga keperluan ibadah. Sebelum pindah ke rumah baru di Bandung, pastikan untuk menanyakan sumber air di sekitar tempat tinggal.

Jika sumber air adalah PDAM, pastikan daerah itu memiliki pasokan air serta tekanan yang kuat. Apabila sumber air adalah sumur setempat, cek kualitas air serta tingkat kebersihannya, terutama apakah airnya berbau ataukah tidak berbau. Tentunya akan sangat disayangkan apabila kita pindah ke lokasi yang stok airnya terbatas atau bahkan kualitasnya buruk.

Agar rumah bisa selalu berada dalam kondisi terang, hal mendasar seperti listrik adalah vital perannya. Sebelum pindah, cari informasi pada penjual maupun tetangga sekitar mengenai apakah daerah tersebut seringkali mendapat jatah pemadaman bergilir. Memilih daerah yang langganan mendapat jatah pemadaman akan membuat aneka kegiatan dalam rumah terhambat.

Selain itu, perangkat elektronik akan cepat rusak sehingga kita bisa jadi akan butuh lebih banyak dana untuk perbaikannya. Tentu saja akan lebih baik apabila kita memilih daerah yang pasokan listriknya lancar serta tak melulu mengalami pemadaman. Ini akan sangat memudahkan kita dalam melakukan pekerjaan sehari-hari dan tak membuat banyak aktivitas tertunda.

2. Tetangga Sekitar

Interaksi dengan orang lain terutama tetangga kiri kanan takkan dapat dielakkan saat kita hidup di tengah masyarakat. Saat kita pindah ke kawasan baru, sudah pasti kita akan mendapat tetangga baru dan bersosialisasi dengan mereka sehari-harinya.

Guna memastikan apakah kita memiliki tetangga yang tepat, lihat apakah masyarakat sekitar heterogen atau homogen. Jika masyarakat memiliki banyak perbedaan atau heterogen, dapat dipastikan tingkat toleransinya akan tinggi serta bisa dengan mudah menerima kehadiran orang baru. Kita juga pastinya akan merasa lebih nyaman serta aman.

Beda lagi apabila kita tinggal di kawasan homogen di mana masyarakatnya cenderung berasal dari latar belakang yang sama, baik latar belakang agama maupun budaya.

3. Lokasi Tempat Tinggal

Lokasi akan menentukan prestasi. Hal ini tak hanya berlaku di sekolah saja namun juga pada tempat tinggal sehari-hari. Pastikan tempat tinggal kita di Bandung letaknya berdekatan atau minimal aksesnya mudah dengan aneka fasilitas umum seperti sekolah, rumah sakit, kantor kependudukan dan lain-lain.

Mudahnya akses akan menguntungkan saat kita hendak mengurus keperluan tertentu serta hendak menggunakan aneka fasilitas umum tersebut. Setidaknya, walau jaraknya tak terlalu dekat namun ada angkutan umum yang bisa mengantar kita menuju aneka fasilitas umum maupun fasilitas sosial tersebut dengan mudah.

Hindari memilih rumah di lokasi yang terpencil, jauh dari keramaian serta aksesnya susah atau bahkan tak ada akses kendaraan umum sama sekali. Hal ini akan menyulitkan kita saat membutuhkan sesuatu secara mendesak.

Daerah yang aman dan bersih juga harus jadi perhatian tersendiri. Tolak ukur keamanan ialah sedikitnya tingkat kriminalitas yang terjadi di daerah tersebut, seperti pencurian dan lain-lain. Sementara kebersihan bisa dilihat dari adanya saluran sanitasi yang baik serta sumber air bersih.

Keduanya akan meningkatkan kenyamanan dalam hidup sehari-hari di Bandung. Wilayah yang aman, nyaman dan bersih juga bisa meningkatkan produktivitas serta membuat kita lebih bahagia berada di wilayah baru. Kita bisa menanyakan perihal keamanan serta kebersihan di sekitar lokasi tempat tinggal pada aparat setempat seperti ketua RT ataupun RW.

Demikian adalah beberapa tips yang bisa diterapkan untuk memastikan kenyamanan kita saat baru pindah ke Bandung. Jika semua tips di atas telah terpenuhi, maka dipastikan kehidupan di tempat tinggal baru akan terjamin nyaman serta menyenangkan. Pindah ke kawasan baru memang bukan perkara mudah.

Banyak hal yang harus diperhatikan serta dipertimbangkan masak-masak. Apalagi jika pindah rumah akan dilakukan untuk jangka waktu panjang atau bahkan selamanya, maka jelas banyak hal harus dipastikan agar kita tak perlu berpindah-pindah tempat tinggal secara sering.

Tidak masalah untuk mengambil waktu yang cukup panjang guna memastikan kita mendapat rumah kontrakan di Bandung yang paling baik, daripada terburu-buru memutuskan lokasi tempat tinggal yang pada akhirnya malah disesali.